Your Adsense Link 728 X 15

Biography Niels Henrik David Bohr

Posted by Achmad Zaelani Sabtu, 06 Oktober 2012 0 komentar

Niels Henrik David Bohr lahir di Kopenhagen pada tanggal 7 Oktober 1885, sebagai anak Kristen Bohr, Profesor Fisiologi di Universitas Kopenhagen, dan istrinya Ellen, Adler nee. Niels, bersama dengan adiknya Harald (Profesor Matematika di masa depan), dibesarkan dalam suasana yang paling menguntungkan bagi pengembangan kejeniusannya - ayahnya adalah seorang fisiolog terkemuka dan sebagian besar bertanggung jawab untuk membangkitkan minatnya dalam fisika saat masih di sekolah , ibunya berasal dari keluarga dibedakan dalam bidang pendidikan.

Setelah matrikulasi di Grammar School Gammelholm pada tahun 1903, ia masuk Universitas Kopenhagen di mana dia berada di bawah bimbingan Profesor C. Christiansen, seorang fisikawan mendalam asli dan sangat diberkahi, dan mengambil gelar Master di Fisika pada 1909 dan gelar Doktor nya pada tahun 1911.

Saat masih mahasiswa, pengumuman oleh Academy of Sciences di Kopenhagen dari hadiah yang akan diberikan untuk solusi dari masalah ilmiah tertentu, menyebabkan dia untuk mengambil penyelidikan eksperimental dan teoritis dari tegangan permukaan dengan cara osilasi jet cairan. Karya ini, yang ia dilakukan di laboratorium ayahnya dan di mana dia menerima hadiah yang ditawarkan (medali emas), diterbitkan dalam Transaksi dari Royal Society, 1908.

Penelitian selanjutnya Bohr, bagaimanapun, menjadi lebih dan lebih teoritis dalam karakter, perdebatan dokternya menjadi sepotong murni teoritis bekerja pada penjelasan properti dari logam dengan bantuan teori elektron, yang tetap sampai hari ini klasik di subjek. Itu dalam pekerjaan ini bahwa Bohr pertama kali dihadapkan dengan implikasi dari teori kuantum Planck radiasi.

Pada musim gugur 1911 ia membuat tinggal di Cambridge, di mana ia mendapat keuntungan dengan mengikuti karya eksperimental terjadi di Laboratorium Cavendish di bawah Sir JJ Bimbingan Thomson, pada saat yang sama ia mengejar studi teoritis sendiri. Pada musim semi tahun 1912 ia bekerja di laboratorium Profesor Rutherford di Manchester, di mana hanya pada tahun-tahun seperti kehidupan ilmiah intensif dan aktivitas menang sebagai konsekuensi dari pertanyaan mendasar yang penyidik ​​ke fenomena radioaktif. Setelah ada dilakukan sepotong teoritis bekerja pada penyerapan sinar alpha yang diterbitkan dalam Majalah Philosophical, 1913, ia lulus pada sebuah penelitian tentang struktur atom atas dasar penemuan Rutherford dari inti atom. Dengan memperkenalkan konsepsi dipinjam dari Teori Quantum yang ditetapkan oleh Planck, yang berangsur-angsur datang untuk menempati posisi penting dalam ilmu fisika teoritis, ia berhasil dalam bekerja keluar dan menyajikan gambaran struktur atom yang, dengan kemudian perbaikan (terutama sebagai hasil dari ide-ide Heisenberg pada tahun 1925), masih fitly berfungsi sebagai penjelasan dari sifat fisik dan kimia dari unsur-unsur.

Pada 1913-1914 Bohr mengadakan Lektor dalam Fisika di Universitas Kopenhagen dan di 1914-1916 janji serupa di Universitas Victoria di Manchester. Pada tahun 1916 ia diangkat sebagai Profesor Fisika Teoritis di Universitas Kopenhagen, dan sejak tahun 1920 (sampai kematiannya pada tahun 1962) ia berada di kepala Institut untuk Fisika Teoritis, didirikan baginya di universitas itu.

Pengakuan atas karyanya pada struktur atom datang dengan penghargaan dari Hadiah Nobel untuk 1922.

Kegiatan Bohr di Institut rekannya sejak tahun 1930 lebih dan lebih diarahkan untuk penelitian pada konstitusi inti atom, dan transmutasi dan disintegrasi. Pada tahun 1936 ia menunjukkan bahwa dalam proses nuklir kecilnya wilayah di mana interaksi berlangsung, serta kekuatan interaksi ini, membenarkan proses transisi yang akan dijelaskan lebih dalam cara klasik daripada dalam kasus atom (bandingkan »Neutron menangkap dan konstitusi nuklir«, Alam, 137 (1936) 344).

Sebuah drop cair akan, menurut pandangan ini, memberikan gambaran yang sangat baik dari inti. Teori ini disebut tetesan cair yang diperbolehkan pemahaman mekanisme fisi nuklir, ketika pemisahan uranium ditemukan oleh Hahn dan Strassmann, pada tahun 1939, dan membentuk dasar dari penelitian teoritis penting dalam bidang ini (antara lain, oleh Frisch dan Meitner).

Bohr juga berkontribusi pada klarifikasi masalah yang dihadapi dalam fisika kuantum, khususnya dengan mengembangkan konsep saling melengkapi. Dengan ini dia bisa menunjukkan seberapa dalam perubahan dalam bidang fisika telah mempengaruhi fitur mendasar dari pandangan ilmiah kita dan bagaimana konsekuensi dari perubahan sikap ini mencapai jauh melampaui lingkup fisika atom dan sentuhan pada semua domain pengetahuan manusia. Pandangan ini dibahas dalam sejumlah esai, ditulis selama tahun 1933-1962. Mereka tersedia dalam bahasa Inggris, dikumpulkan dalam dua jilid dengan judul Fisika Atom dan Pengetahuan Manusia dan Essay 1958-1962 di Fisika Atom dan Pengetahuan Manusia, diedit oleh John Wiley and Sons, New York dan London, pada tahun 1958 dan 1963, masing-masing.

Di antara tulisan-tulisan banyak Profesor Bohr (beberapa 115 publikasi), tiga muncul sebagai buku dalam bahasa Inggris dapat disebutkan di sini sebagai mewujudkan pikiran utamanya: Teori Spektrum dan Konstitusi Atom, University Press, Cambridge, 1922/2nd. ed, 1924;. Teori Atom dan Deskripsi Alam, University Press, Cambridge, 1934/reprint 1961; Persatuan Pengetahuan, Doubleday & Co, New York, 1955.

Selama pendudukan Nazi di Denmark dalam Perang Dunia II, Bohr melarikan diri ke Swedia dan menghabiskan dua tahun terakhir perang di Inggris dan Amerika, di mana ia menjadi terkait dengan Proyek Energi Atom. Dalam tahun-tahun berikutnya, ia mengabdikan karyanya untuk aplikasi damai fisika atom dan masalah-masalah politik yang timbul dari pengembangan senjata atom. Secara khusus, ia menganjurkan perkembangan menuju keterbukaan penuh antara bangsa-bangsa. Pandangannya secara khusus diatur dalam Surat Terbuka untuk PBB, 9 Juni 1950.

Hingga akhirnya, pikiran tetap waspada Bohr seperti biasa, selama beberapa tahun terakhir hidupnya ia telah menunjukkan minat dalam perkembangan baru dari biologi molekuler. Perumusan terbaru dari pemikirannya tentang masalah Kehidupan muncul di akhir artikelnya (belum selesai), diterbitkan setelah kematiannya: "Licht und Leben-noch einmal", Naturwiss, 50 (1963) 72: (dalam bahasa Inggris:. "Cahaya dan Hidup revisited ", ICSU Rev, 5 (1963) 194).

Niels Bohr adalah Presiden Denmark Royal Academy of Sciences, Komite Kanker Denmark, dan Ketua Komisi Energi Atom Denmark. Dia adalah Anggota Asing Royal Society (London), Royal Institution, dan Akademi di Amsterdam, Berlin, Bologna, Boston, Göttingen, Helsingfors, Budapest, München, Oslo, Paris, Roma, Stockholm, Uppsala, Wina, Washington, Harlem, Moskow, Trondhjem, Halle, Dublin, Liege, dan Cracow. Dia adalah Dokter, honoris causa, dari universitas berikut, perguruan tinggi, dan lembaga: (1923-1939) - Cambridge, Liverpool, Manchester, Oxford, Kopenhagen, Edinburgh, Kiel, Providence, California, Oslo, Birmingham, London, (1945 - 1962) - Sorbonne (Paris), Princeton, Mc. Gill (Montreal), Glasgow, Aberdeen, Athena, Lund, New York, Basel, Aarhus, Macalester (St Paul), Minnesota, Roosevelt (Chicago, Illinois), Zagreb, Technion (Haifa), Bombay, Calcutta, Warsawa, Brussels, Harvard, Cambridge (Mass), dan Rockefeller (New York).

Profesor Bohr menikah, pada tahun 1912, untuk Margrethe Norlund, yang baginya merupakan pendamping yang ideal. Mereka memiliki enam anak, di antaranya mereka kehilangan dua, empat lainnya telah membuat karir dibedakan dalam berbagai profesi - Hans Henrik (MD), Erik (insinyur kimia), Aage (Ph.D., fisikawan teoritis, mengikuti ayahnya sebagai Direktur Institut untuk Fisika Teoritis), Ernest (pengacara).

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Blog

Follow Me

Link Partner

Follow Via Email

Berlangganan Artikel Via Email